Tips NZ Scholarship

Halo Hali kawans,

saya mau berbagi sedikit pengalaman ikut proses seleksi NZ scholarship, setelah sekian tahun ikut berburu beasiswa ADS/AAS, akhirnya aku menyerah mengingat peminat yang semakin tahun semakin bejiun, dan… umur yang semakin tua, hihihi… nah ini nih alasan yang sejujurnya, makin tua mkin males heheh. Dan mulailah saya melirik beasiswa lainnya, sebenanrnya dari tahun lalu saya udah bermaksud ikut memasukkan aplikasi untuk beasiswa NZ tetapi berhubung akunya lelet, tahun lalu hingga pengumuman closing aku belum selesaikan  aplikasinya…ya sutra lah, kan aku juga masih ribet mo lairan trus ngurusi bayi habiboy yang masih merah.

setahun habis, eh tak terasa udah kembali di bulan Maret lagi, jadi lah aq mulai buat aplikasi lagi, oh ya beruntungnya beasiswa NZ ini aplikasi semuanya online pakai satu akun yang harus kita buat di RealMe, trus kita juga bisa persiapkan segala nya off line dulu, baru ntar kalo udah siap dengan semua jawaban dan lampiran kita online dan tinggl copy pase aja. enak banget kan guys?!. pokoknya sistem ini sangat membantu saya yang tinggal di perbatasan dengan transportasi yang masih anjrut-anjrutan dan koneksi internet yang senin kemis hehehe…Thank God! pertama kita disuruh ngetes kelayakan kita dulu dengan serangkaian pertanyaan pengantar, nah klo udah kita bisa buat akun seperti yang saya sebut diatas di sini.

So, saya garis bawahi yak!!! tips 1) Ikuti tes kalayakan, buat akun dulu, trus buka form aplikasinya.

setelah kita punya akun kita bisa lanjut buat aplikasi untuk beasiswa kita dan menjawab semua pertanyaan dan mengisi semua form serta lampiran. tips berikutnya, 2)  copy pertanyaan di form aplikasi online ke ms Word. simpan baik baik dan jawab secara oflen dulu di ms Word. itu saya lakukan karena saya perlu waktu mikir lama untuk tiap pertanyaan dan mengingat ingat kapan dulu lulus dsb, odah lama bok aku lulus, mpe lupa bahwa aku pernah ngampus heheheh.   kalo udah sip, tinggal siap online lagi.

saat online 3) tinggal kita copy paste jawaban kita di form yang sudah disediakan, setelah selesai isi kita juga bisa review jawaban kita dan aplikasi kita sebelum kita submit. pokoknya sistemnya sangat sangat memudahkan dan membantu kita.  jadi guys, jangan lupa untuk baca ulang ulang aplikasi kita, typo klo perlu dan edit sebelum submit! ini tips pertama saya, begitu aku rasa udah puas typo dan edit dengan aplikasi ku, aku langsung submit sambil mulut komat kamit berdoa semoga lolos dan diberi jalan terbaik. aminnnn ( serius 100%). kira kira pengumuman pendafataran NZAS tuh awal awal februari gitu, dan waktunya lumayan panjang koq.. jadi gak terlalu tunggang langgang untuk dikejar deadline. Tips 4) adalah baca ulang, lagi sebelum kita klik submit, karena sekali submit, kita gak bisa mengubah jawaban kita.

Pertengahan Maret aku submit, ohya submitnya jangan last minute ya… takut sistemnya terlalu crowded dan ntar ada masalah hingga pas tanggal deadlinenya, jadi aku submitnya sepuluh harian sebelum tanggal deadlinenya. dan alhamdulillah sih pas submit aq langsung dapat notifikasi jika aku udah sumbit apliikasi dan akan diproses lebih lanjut. alhamdulillah lega, tinggal melanjutkan fokus di kerjaan sambil berdoa semoga diberi jalan ma yang Diatas.

setelah hiruk pikuk persiapan dan submit aplikasi, hidupku kembali normal #halah lebay! hingga pada tanggal 13 April 2016 ada email masuk dari NZ scholarship notifikasi kalau aku masuk long-listnya mereka..huhuhu… yaelah bikin deg-deg-an aja. masuk long list aja pake notifikasi pikirku. tapi seneng juga sih, berarti aq ikut ke next stage, masih punya kemungkinan bisa sekolah gratis, secara selama ini kan aku sekolah berbayar terus, sekali sekali harus lah dapat kesempatan sekolah gratis. lama banget setelah notifikasi long list ini ga da kabar dari NZ Sch. aq pikirnya sih pasti udah gak masuk short list, mengingat udah kelamaan aq lulus dan juga aq gak mencantumkan dosenku sebagai pemberi referensi ( which is sangat diharapkan oleh para pemberi beasiswa), aku pun udah siapkan plan B kalo emang gak lolos, makanya diantara kesibukan kerja dan ngurus si krucil habiboy, aku apply chivening dan rajin rajin berdoa agar lolos chivening (hahaha) dan semangat ngurus pendaftaran masterku ke Reading University and Royal Agriculture University. so, Tips kecil  dariku selanjutnya adalah siapkan juga tuh surat surat rekomendasi yang relevan, atau orang orang yang bisa dimintain rekomendasi, karena nanti ada aja yang kecil kecil gitu tetapi cukup memakan waktu untuk memperlancar aplikasi kita.

Eng ing eng……pada akhir Mei, tepatnya tanggal 31 Mei kembali NZ Sch mengirimkan email lagi bahwa aku masuk shhort list dan akan dihubungi untuk mengikuti tes berikutnya. Alhamdulillah! weleh weleh beasiswa ini seneng banget yak bikin kita deg deg plas.  tetapi seneng juga karena setiap step ada pemberitahuannya, trus langkah selanjutnya silahkan tunggu pemberitahuan lagi. duh duh… tapi demi sekolah gratis dan bisa menghirup udara dunia teletabis sambil nonton tempat syuting LoTR gpp deh. toh aku cuma perlu modal kesabaran dan doa hahaha. sekali lagi pasti hanya doa yang bisa membuat aku masuk short list, mengingat isi aplikasiku biasa biasa saja, jawabanku atas pertanyaan di aplikasi juga simpel seperlunya saja, bahkan aku tidak mengoptimalkan kuota yang mereka berikan, misal kita diminta jawab -+ 500 kata, aku seringnya malah kurang. jadi sebenarnya sampai sekarang aku juga gak tahu apa yang membuat aku masuk short list. mungkin karena aku perempuan ya? Dan ini lah yang membuat aku bersyukur  terlahir sebagai perempuan, dimana dulu waktu kecil aku sempat menyesal kenapa kami berempat terlahir perempuan semua, sehingga tetangga suka bilang kasihan ya tidak punya anak laki laki. huh sebel!!! # eh koq malah curhat.

oh iya lupa, tips tambahannya, be yourself deh ketika buat tulisan and jawaban pertanyaan aplikasi.  itu input dari temen yg orang bule, dia bilang pemberi beasiswa tuh pengen lihat kamu yang sesungguhnya. Soalnya setelah aplikasiku aku lempar ke sana sini, minta input. eh malah temen satu ini minta draft aplikasiku yg pertama kubuat. Owalah dunia!!! aq udah pusing n begadang ngatur aplikasi sedemikian rupe, eh malah suruh balik lagi ke aplikasi awal.. duh Gusti Maha Agung. ah sudah lah yang penting berusaha, entah tips  ini bener pa enggak, kita lihat saja nanti :)))

sekian dulu ya…. tahap pertama tips memperbesar peluang lolos short list

Iklan

Menggugah rasa malu untuk sapih anak

Saya sebenarnya sangat  tidak berpengalaman untuk urusan mengurusi anak, tetapi keterpaksaan membuat saya terlatih ( dan semoga menjadi berpenggalaman). ketika si kecil lahir dan oe..oe.. saya senang sekali, mendengarkan tangisnya yg kecil (yg mungkin ) meminta susu atau karena merasakan dinginnya ruang operasi. senang kedua saya karena si kecil lahir dengan  tanpa kurang suatu apapun, meski dulu ketika di perut dia tidak mau tambah2 BB nya setelah umur 7 bulan(sebanyak apapun saya makan), tetep cuma emaknya ini yg nambah BB. Melihatnya lahir dengan sehat, meski badannya kecil kurus kerempeng macam anak afrika, tetaplah membuatku bahagia.

Bagaimanapun keadaannya, dia adalah pemberian Allah yang terindah, penjaga  keluarga.

Baca lebih lanjut

sop buntut

Hi ya….
Ini kali pertama aku tulis lagi unttuk tahun ini, setelah sekian lama absen karena si kecil nongol, hah itu hanya alasan doang, yang sebenarnya emang males. dan mungkin juga karena aku membutuhkan kekuatan lebih besar untuk menulis tentang resep makanan, yang pada dasarnya aku memang tak suka masak. Seehingga butuh energi sekian besarnya untuk menulis[tentang masakan]. Sebenarnya aku dapat resep ini juga karena kecelakaan.Hagh?! ya… Karena pengen soup buntut, eh ke Aston niatnya cuma mo makan soup buntut eh tidak ada. Ya… Terpaksa deh dengan kekuatan segenap mimpi indah menikmati soup buntut, dan aku tanya sana sini resep bikin soup buntut. Ditambahi keahlian ART ku yang emang pinter masak, jadilah soup buntut yang super enak banget ( buatku, eh tapi kata temen2ku juga enak banget koq). Makanya akhirnya kuberanikan menulis resep soup buntut ini(untuk referensiku jika suatu saat nanti aku udah lupa Baca lebih lanjut

MEMBUAT ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN SANGAT SEDERHANA

Hi teman2!
Setelah sekian lama cari penjual alat pengukur curah hujan di kupang, sambil nanya sana sini dan hasilnya tetap nihil(saya nyari info sampai nanya di toko secara random udah hamper enam bulanan loh), bahkan saya googlingeh nemunya selalu di Jawa yang jual, udah gitu harganya mihil bingit. Ya… akhirnya saya berfikir kenapa tidak buat sendiri aja, toh sekarang udah musim hujan, dan hujan di musim hujan udah tidak dapat ditunda lagi ( Hujan di Kupang tahun ini udah ditunda loh ama yang diatas mpe akhir desember baru turun hujan), buatku sih ini bonus waktu untuk memperpanjang pencarian alat atau ide pengganti alat ukur CH yang standart, tapi buat para petani dan sebagian besar orang di Kupang pasti ini siksaan yang berat.
Oke, sudah cukup basi basinya. Sekarang langsung aja gimana caranya membuat alat pengukur curah hujan yang sederhana, ini untuk sekedar pengetahuan dasar saja. Bahwa curah hujan diukur dalam satuan mm(millimeter), karena curah hujan ini mengacu pada pengukuran jumlah air yang jatuh dipermukaan datar dihitung dalam periode tertentu diatas permukaan horizontal (jika tidak terjadi evaporasi, run off maupun infiltrasi(saya sudah lupa sumbernya dari mana, tetapi saya ingat waktu kuliah dulu kurang lebihnya kayak gitu definisinya). Sehingga pengukuran curah hujan akan dipengaruhi pula oleh luasan penampang alat penampung hujan, selain lebat/tidaknya hujan tersebut tentunya . Sehingga volume air hujan dibagi luas penampang inilah yang akan menghasilkan besaran curah hujan yang turun dalam katakana satu hari(24 jam). Untuk alat ukur CH sederhana kita perlu persiapkan :

1. Membuat alat penampung curah hujan, prinsip dari alat penampung ini adalah minimal diameternya 14 cm( itu standar minimal yang disarankan BMKG). Jika tidak digunakan untuk keperluan ilmiah saya rasa dengan diameter kurang dari itu juga dimaafkan, daripada kita kesulitan mencari penampung dengan diameter 14 cm. prinsip saya tak ada rotan, akarpun jadi. Penampung curah hujan ini bisa dibuat dari kaleng margarin( 1 kg-an), botol air mineral dalam kemasan(AMDK) seperti aqua, ades,dsb. Bahkan dalam kondisi terpaksa aqua cup/ sisa gelasan aqua juga bisa dipakai.
Alat ini nantinya dipasang di kebun/sawah/ di daerah yang terbuka dengan jarak minimal ke pohon/naungan adalah + 10 meter. Di sini saya akan lebih focus menggunakan botol AMDK.
Ini nih contohnya

alat penampung curah huja diameter 14 cm ( r=7)

alat penampung curah huja diameter 14 cm ( r=7)


alat penampung curah hujan dari botol aqua 1,5 liter

alat penampung curah hujan dari botol aqua 1,5 liter

2. Membuat alat pentera curah hujan. Alat ini dapat berupa gelas ukur(ini lebih praktis dan mudah, tingggal beli di toko toko kimia/lab), botol susu bayi (biasanya botol bayi ada pengukur mili liternya, pilih botol bayi yang ada penanda mili liternya), kalaupun tidak ada bisa membuat sendiri. Bahan bahannya : botol sisa air minum dalam kemasan dipotong bagian atasnya, spuit 12 ml atau minimal 10 ml dan spidol permanen.
untuk membuat alat tera ini, :
A. kita isi spuit/ suntikan tinta printer dengan air sebanyak 10 ml,
B. kemudian air dari spuit kita pindahkan ke botol/cup AMDK, kita beri tanda dengan spidol permanent dengan membuat garis lurus(air yang sudah berada di AMDK jangan dibuang).
C. Kita isi spuit lagi sebanyak 10 ml, lalu kita pindahkan air dari spuit ke dalam botol/cup AMDK, sehingga sekarang di dalam botol/cup AMDK volumenya menjadi 20 ml. kita beri tanda garis sama seperti dipoin b.
D. Kita ulangi langkah tersebut hingga ketika volume air dalam botol/cup AMDK mencapai 50 ml, dan ketika volume air mencapai 50 ml dan atau kelipatannyakita buat garis melingkar di botol AMDK( ini hanya untuk memudahkan pembacaan alat tera ini).
Alat tera sudah jadi dan siap digunakan. Kira kira jadinya seperti ini (maaf tidak rapi).

alat pentera CH

alat pentera CH

3. Membuat daftar kalibrasi. Daftar ini dilakukan dengan memakai dasar prinsip pengukuran curah hujan yang saya sebut di awal, dimana volume dibagi dengan luas penampang alat penampung curah hujan. Karena alat penampung curah hujan berbentuk silinder dengan penampang bulat, maka saya memakai rumus luas penampang = π( r xr).Di sini daftar kalibrasi yang saya beri contoh hanya untuk luas penampang dengan diameter 14 cm, luas penampang AMDK (agua) botol 600 ml yang ternyata juga memiliki luas penampang sama dengan AMDK cup (aqua) dan botol AMDK 1,5liter.
konversi CH

Cara perhitungan :
Untuk 100ml lebih dapat menggunakan kalibrasi 100+ kelebihannya (missal 30 ml) = 1.625+0.487=2.112 mm, jadi untuk alat penampung dengan r=7 (atau diameter 14 cm0 ketika volume air yang ditampung adalah 130 ml, maka dalam hitungan besaran curah hujan adalah 2.112 mm.
4. Memasang alat penampung curah hujan. Sayarat lokasi yang kita pasangi adalah:

A. daerah terbuka/ tanpa naungan, jika ada naungan harus berjarak + 10 meter dari tempat kita memasang alat penampung curah hujan.
B. Pastikan alat penampung curah hujan dipasang pada ketinggian minimal 1,2 meter dari permukaan tanah. Hal ini untuk menghindari percikan air dari tanah masuk ke alat penampung.
C. Pasang alat penampung curah hujan diletakkan ditempat dengan permukaan yang rata/ datar dan tidak terjatuh/ miring ketika angin berhembus kuat.
seperti ini nih contohnya
IMG_1115
pasang 1

5. Pengamatan dilakukan setiap hari pada jam yang sama, missal setiap jam 8 pagi( agar periode pengamatan tetap terjaga 24 jam). Setelah pengamatan air (jika ada, dipindah ke alat pen-tera curah hujan, kemudian alat penampung curah hujan kita kembalikan ke tempat semula untuk digunakan pada pengukuran hari berikutnya. Setelah air dipindahkan ke alat pen-tera curah hujan, dilihat berapa ml dan dikalibrasikan menggunakan table diatas, jangan lupa ya…setiap pengamatan dicatat. Setelah dicatat, jangan lupa untuk membuang air hujan yang ada di alat pen-tera curah hujan.
Dan setiap bulannya direkap/ setiap sepuluh hari sehingga kita bisa memperoleh data CH dalam satu bulan/ dasarian.

Form pengamatan sederhana dapat seperti ini :
Bulan :
Desa/ Lokasi :
Tanggal Volume terukur ( ml) Konversi curah hujan (mm)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
..

sekian semoga bermanfaat, oh ya jangan lupa tinggalkan saran dan kritik yang membangun ya :))

Klaim Axa-mandiri

temans, saya sedikit mau sharing tentang pengalaman saya klaim asuransi kesehatan axa-mandiri, sebenarnya sih ini udah kali kedua saya klaim ke axa mandiri, tetapi yang pertama dulu saya tidak perhatikan dan gak ngeh, jadi saya gak ngecek juga ke rekening bank. tetapi berhubung sekarang ini saya lagi program pengetatan anggaran belanja rumah tangga. jadilah semua saya perhitungkan dan cermati baik baik.
awal bulan lalu saya diare, karena saya khawatir akan berdampak pada kandungan saya dimana beberapa hari sebelumnya saya periksa ke dokter bb bayi dalam kandungan saya underweight dan saya harus rajin dan makan banyak banyak, maka untuk amannya saya ke rumah sakit aja periksa dan disarankan untuk istirahat di rumah sakit(hehe dokter gak percaya kali kali istirahat di rumah saya akan benar benar istirahat, buktinya hari kedua saya udah pegang laptop dan mulai urusi kerjaan). singkat cerita saya dirawat di rumah sakit 3 hari, masuk tanggal 7 keluar tanggal 9. dan berhubung pula rumah sakit dimana saya dirawat adalah rumah sakit di pelosok (yang tak ada kerjasama ama axamandiri langsung) maka terpaksa deh saya bayar duluan, nanti setelah pengajuan klaim baru axa ganti uangku( huhuhu…sebenarnya gak rela sih(secara udah bertaun taun aku rajin bayar asuransi, giliran sakit masih harus keluar uang sendiri dulu huhuhu), tapi ya…mau gimana lagi.
akhirnya saya minta semua bon rumah sakit plus obat dan segala tetek bengek untuk urusan klaim asuransi. perlu temans tau bahwa minta tanda tangan dokternya aja susyahnye… minta surat diagnosa dokter aja juga aq ditanyaain buat keperluan apa??*hadeuh, bukannya ini hak setiap pasien, koq masih ditanyain lagi sih mbak*. teretengteng… akhirnya selesailah aku minta kuitansi rumah sakit dan rincian obat, minta surat diagnosa, surat keterangan dari dokter untuk klaim ke axamandiri dan surat pengajuan klaim yang saya sendiri tndatangani. dan dengan demikian saya bisa ajukan ke bank mandiri terdekat, dan berhubung bank mandiri terdekat adalah di urip sumoharjo, pergilah saya kesana dengan gigih perkasa untuk mengajukan klaim…… dan everything is fine sampai kurang lebih seminggu setelah aku ngajuan klaim aq dapat sms dari axamandiri kalau pengajuan klaimku hanya diganti untuk 2 hari!!!! yup untuk 2 hari !!! what????
aq baca sms pemberitahuan tersebut, gak salah nih? kan aku dirawat di rumah sakitnya tiga hari, koq sekarang digantinya 3 hari? batinku gak terima. berhubung di sms pemberitahuan dari axamandiri juga mencantumkan no customercare yang bisa langsung kuhubungi. tanpa pikirpanjang aku langsung telpon no tersebut….setelah diangkat masih lama…..banget aku harus dengarkan suara penjelasan dan peunjuk2 dari axamandiri, baru kemudian disambungkan dengan customer care yang online(oalah mak jan gak ngerti aku koq lama banget baru tersambung!). setelah tersambung pun maih harus makan waktu lagi verifikasi dataku dulu, baru kemudian si mbaknya nanyain apa permasalahanku? dan dicabang mana aku ngajuin klaim, dan lagi lagi aku disuruh tunggu lagi…(oalah mak jan!!)
setelah dicek punya cek, ternyata mperhitungan axa yang dihitung satu hari adalah 24 jam, jadi kalo aku masuk tanggal 7 dan keluar rumah sakit tanggal 9 , maka dihitungnya akau dirawat di rumah sakit 2 hari. sedangkan dirumah sakit dimana aku dirawat itu dihitung sebagai 3 hari… wedew.. aku kurang teliti dan banyak nanya baik ketika dulu ditawari asuransi maupun ketika aku masuk rumah sakit. dan jadilah aq nombok yang sehari… hiks hikshiks. tapi tak apalah semoga cuma akuyang mengalami. dan ini pembeljaran juga buat teman teman jika dirawat di rumah sakit dengan menggunakan asuransi axamandiri, maka perhitungannya seperti diatas tuh, jadi jangan langsung main gubrak gubruk kayak aku ya 🙂

cover crop

i write this article since i found that there is so many information i got and i may forgot all the memories about many variety of cover crop, which is very useful in our daily life. i believe small action will give huge impact, if we do it together in sequence. so before the memories washed away, i will share it to you just for your information.

What Cover crop is?!

based on Wikipedia Cover crop is a crop planted primarily to manage soil erosion, soil fertility, soil quality, water, weeds, pests, diseases, biodiversity and wildlife in an agroecosystem. thus people will associated with sustainable agriculture or Conservation agriculture. but i will be focusing in many kind of cover crop that gives us benefit to our soil, our environment as well as to our eyes. based on Wikipedia we can include a huge name of plant to be cover crop. but based on my knowledge i would say it is a cover crop if the plants fulfill these lists :[1] reducing the destructive power of rainfall;[2] reducing run off and water infiltration in the soil, so their stem and its leaves should covering the ground well enough and have deep root;[3] it increase the organic matter (organic mater acts as a conditioner for the soil) in the soil through their plant residues and also [4] increasing soil fertility by increasing the Nitrogen content in the soil.

Why do we need cover crop?

we knew that some area is so bare land, and they will be eroded when rainy season comes(especially in tropical area), or blown away for the windy area(like in Kupang and most NTT). having cover crop will decrease erosion and increase organic mater(if we let the cover crop grown and keep their debris there) and in result increase the soil fertility in a longer term. another benefit is to make our garden/road side more beautiful with greener side on the edge of asphalt(or bare land), some cover crops also have amazing flower. while for cattleman it produces highly protein source for their cattle. for the environment activist , they would agreed if it helps to reduce CO2 emission. could you imagine every family planted their garden with cover crop and see from their window a greener side. another benefit is some cover crop benefited us for their economic value.

Where we can plant cover crop? almost everywhere! just picked out which variety of cover crop suit to your needs(just covering your soil, decorating your garden, or economic). 

What?

here are some cover crop suited to NTT condition:

1. Clitoria ternatea, in Indonesia we said Kembang telang or blue pea. as their name this bush have a small beautiful blue flower among its green leaves. you can found more information here at FAO website. in West Timor reported that this plant gives Nitrogen as much as 25 -50 kg N  /ha(based on the soil condition) to the soil and could increase maize production up to 1500 kg /ha for sequential planting over CT. This is the cover crop i love most. please see their marvelous beauty below.

WP_20140807_004

 

 2. Centrosema Pascuorum, in Indonesia we often called sentro or sentrosema. almost the same with Clitoria ternatea, this plant gives blue to whitish like clitoris shape flower.in NTT there are two variety which are Bundley and cavalcade.  both covering the soil better than CT. and here is the difference between the two varieties :

Bundley Cavalcade    
longer short growing period  
less more seed seeds production  
more less Biomass production  
more adaptive to seasonal flooding more adaptive to drought condition  
  short day plant    
wider   leaf  

more information on Centrosema pascuorum click this.

WP_20140807_020

3. Lablab purpureus, in Lombok we often called Komak, still don’t know the name in Indonesia yet. internationally recognized as Lablab. its flower vary from red, blue to purple. the flower in a rigid bunches,beautiful like an orchid. people in Lombok use to eat its young pod, yummy to eat pecel komak. highly tolerate dry condition, but not wet condition. description and growth requirements for Lablab please click this information for further. here is the picture of lablab (this photo taken from pak Wayan Mudita’s blog). this shrub is also good for hedgerow.

komak

4. Stylosanthes guianensis, i know the name is stilo, yet i don’t know the Indonesia Name since this plant has introduced to Indonesia from Australia, and we knew it as weed(at least for me), but after studying about forage i realize it is not really a weed. then i learn about this cover crop and this shurb gives more benefit than what i am thinking of. again more information is here.

Stylosanthes guianensis

i think four is enough for forage and ornamental plants, there is also Desmodium intortum. now let see some valuable grain of cover crop;

5. Vigna Unguiculata,  in Indonesia weel known as kacang tunggak  or you called cowpea, cow pea here i mean is the indeterminate cowpea. this cowpea grow well from upland to lowland. adn we use to eat its young leaf and cook their pod. information on how to cultivated this bean is here. here is the plant, the flower is also beautiful, unfortunately i dont have the picture.

tunggak

6. Mucuna capitata, javanese often called koro benguk and you called velvet bean…

ssorry i have to leave, i will continued it later….